data center

Pengertian dan Aspek-aspek Data center

Data center merupakan suatu fasilitas yang dipakai untuk menempatkan komponen dan sistem komputer seperti penyimpanan data dan sistem telekomunikasi. Fasilitas ini mencakup cadangan atau catu daya redundan, pengontrol lingkungan, koneksi komunikasi data, piranti keamanan fisik dan pencegah bahaya kebakaran. Dalam pusat data terdapat ratusan hingga ribuan server yang secara sistematis tersusun dalam rak server berdasarkan bentuk fisiknya. Bisa ditata dalam bentuk ranck atau tower tergantung ketersediaan ruang. Setiap ruang pusat data didukung dengan sistem catu daya, pendingin, security, jaringan yang terkoneksi dan ups. Tak hanya itu, lantai tempat server dibangun juga didesain dengan selokan dan juga peredam untuk jaringan komputer atau listrik.

Jika diulas lebih dalam Data center atau pusat data pada dasarnya adalah sebuah ruangan yang didesain sedemikian rupa untuk dijadikan sebagai tempat server beserta dengan perangkat jaringan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet. Agar bisa digunakan, ruangan pusat data tersebut tentu harus bisa memenuhi persyaratan tertentu supaya stabil dan aman dari gangguan apapun baik secara virtual ataupun fisik. Oleh karena itu, tak heran jika pusat data selalu diletakkan pada ruangan yang mudah dan cepat diakses oleh pengguna tapi sulit diakses oleh orang lain. Dalam merencanakan pusat data, ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Aspek yang pertama adalah soal keamanan. Pusat data harus terproteksi dengan adanya sistem cadangan, untuk pengatur udara/lingkungan, sistem catu daya, dan komunikasi data.
2. Aspek yang kedua adalah menerapkan tata kelola yang sesuai dengan standar perancangan pusat data yakni standar prosedur perawatan, standar prosedur operasi, standar serta Rencana Mitigasi Bencana dan Pemulihan dan standar Jaminan untuk Kelangsungan Bisnis.
3. Aspek yang ketiga adalah pilihlah lokasi yang aman dan memenuhi ketentuan dari teknik sipil bangunan, vulknologi, geologi, dan topografi. Hal ini dilakukan agar pusat data bisa terjamin keamanannya dari segala hal yang mengancam termasuk bencana alam.

Demikianlah pengertian dan kriteria dari Data center. Semoga ulasan ini memberikan wawasan kepada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *