absensi karyawan

5 Keuntungan Perusahaan Menggunakan Aplikasi Absensi Karyawan

Hadirnya aplikasi absensi karyawan membawa banyak keuntungan bagi perusahaan. Aplikasi absensi berbasis online ini membantu mengelola karyawan perusahaan dalam jumlah besar. Salah satunya meminimalisir kecurangan absensi yang kerap dilakukan karyawan saat menggunakan sistem manual. Dengan adanya aplikasi absensi karyawan Android yang terpasang dalam smartphone dan terintegrasi dengan database perusahaan, kehadiran dan keterlambatan waktu kerja tercatat secara realtime.

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan dirasakan perusahaan dengan menggunakan aplikasi absensi karyawan berbasis online.

  1. Memudahkan Perusahaan dalam Proses Rekapitulasi Data Absensi

Dengan menggunakan aplikasi absensi, semua data absensi karyawan akan tercatat lengkap. Keterlambatan, izin kerja, hingga waktu lembur akan tercatat pada sistem. Dengan demikian, proses rekapitulasi data yang dilakukan perusahaan menjadi lebih cepat dan akurat. Berbeda, jika perusahaan masih menggunakan absensi sistem manual yang dicatat dalam buku absensi. Tentu perusahaan membutuhkan waktu yang lebih lama dan ketelitian tingkat tinggi untuk melakukan perhitungan data absensi.

2. Meminimalisir Biaya Anggaran Pengeluaran untuk Absensi

Menggunakan aplikasi absensi yang diakses secara online, sangat menguntungkan perusahaan. Hal tersebut dikarenakan perusahaan tidak perlu lagi mengadakan pembiayaan pengadaan pembelian buku absensi atau pemasangan mesin fingerprint yang tentunya membutuhkan biaya besar. Menjadi keuntungan bagi perusahaan jika menggunakan aplikasi absensi karyawan, karena perusahaan hanya bermodal komputer atau laptop kantor dan koneksi internet. Data absensi karyawan dapat dilihat kapan saja melalui database sistem tanpa harus mencetaknya.

3. Membantu Perusahaan dalam Pengambilan Keputusan yang Tepat

Secara tidak langsung, penggunaan aplikasi absensi memberikan keuntungan bagi perusahaan terkait strategi dalam pengambilan keputusan. Sebagai contoh, aplikasi absensi bisa digunakan untuk mengajukan izin kerja atau cuti oleh karyawan. Dengan data tersebut, perusahaan dapat mengetahui dengan pasti banyaknya karyawan yang mengambil cuti pada waktu tertentu. Sehingga perusahaan dapat mengatur strategi dan mengambil keputusan apa yang akan dilakukan saat ada karyawan cuti tanpa khawatir mengganggu kinerja perusahaan tersebut.

4. Membantu Perusahaan Mengetahui Kinerja Karyawan

Aplikasi absensi ini sangat membantu perusahaan untuk memantau kinerja karyawan, baik saat bekerja di kantor maupun ketika sedang bekerja di lapangan. Perusahaan akan tahu siapa karyawan yang melakukan korupsi waktu, misalnya datang terlambat dan pulang lebih awal maupun karyawan yang tepat waktu sesuai jam kerja serta yang melakukan lembur kerja. Semua jam, tanggal, dan tempat akan terinput dalam database saat karyawan melakukan log in absensi. Hal inilah yang akan mempermudah perusahaan memantau atau memonitoring setiap saat karyawannya.

5. Mempermudah Perusahaan Membuat Laporan Karyawan dan Perhitungan Gaji

Absensi karyawan berkaitan dengan penentuan gaji yang akan diterima karyawan yang bersangkutan. Selain didasarkan pada gaji pokok, jumlah gaji yang akan diterima karyawan didasarkan laporan absensi. Dengan mengambil data dari database sistem absensi online, akan memudahkan perusahaan mengetahui jumlah keterlambatan karyawan dan jam kerja tambahan (lembur). Keterlambatan akan mengurangi gaji yang diterima, sementara lembur kerja akan menambah gaji pokok yang diterima.

Jadi, itulah 5 keuntungan perusahaan menggunakan aplikasi absensi karyawan berbasis online. Dengan 9 FItur Aplikasi Absensi LinovHR Kemudahan, dan fleksibilitas yang ditawarkan aplikasi absensi LinovHR, layak dipertimbangkan untuk mendukung kinerja perusahaan. Uji coba LinovHR sekarang tanpa biaya apapun alias gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *