Samsung Galaxy A10s, Smartphone Canggih Kelas Ekonomis

Kalau anda sedang mencari smartphone dengan harga kurang dari dua juta rupiah, admin sarankan buat pilih Samsung A10s. Ya, Smartphone satu ini sekarang hanya dibanderol dengan harga Rp 1.899.000. Dengan harga dibawah dua juta, anda bisa mendapatkan smartphone dengan kualitas fotografi yang cukup baik. Smartphone ini dilengkapi dengan dua kamera belakang dengan resolusi 13 MP dan 2 MP. Kamera depan yang ditanamkan pada smartphone ini juga sudah “oke” dengan resolusi 8 MP. Resolusi kamera tersebut masih dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung seperti Auto focus, Panorama, HDR, dan LED Flash. Sangat cocok bagi anda yang gemar berfoto.

Lalu yang tak kalah menarik adalah ukuran layar smartphone ini sebesar 6,2 inci dan mengadopsi desain Infinty V dengan panel IPS dan resolusi HD plus. Samsung galaxy A10s ini juga dilengkapi dengan fitur dual sim dan 4G LTE. Samsung galaxy A10 juga dilengkapi dengan konektifitas nirkabel berupa Bluetooth v5.0, Wi-Fi 802/b/g/n, dan GPS. GPS yang diintegrasikan pada smartphone ini telah memiliki navigasi yang baik karena telah mendukung A-GPS, Glonass, dan Galileo.

Tentunya kualitas mumpuni yang dimiliki smartphone ini tak lepas dari peran penting SoC (System on Chip) yang tertanam di dalamnya. SoC yang dipakai oleh Samsung galaxy A10s ini adalah SoC Mediatek Helio P22 yang dipadukan dengan GPU powerVR G38320 dengan prosesor octa-core 2.0 GHz Cortex-A53. Meskipun hanya menggunakan SoC Mediatek, jangan khawatir dengan performa dari SoC ini. Terbukti melalui laman versus.com, jika dibandingkan dengan SoC Qualcom snapdragon 450, maka kualitas dari SoC ini jangan diragukan lagi. Menurut laman ini, Mediatek helio P22 jauh lebih unggul dari snapdragon 450 dengan selisih 12 poin. Mediatek helio P22 memperoleh 74 poin, sedangkan saingannya hanya memperoleh 62 poin.

Perlu diketahui bahwa SoC Qualcomm dengan tipe snapdragon 450 ini merupakan “otak” yang dipasang pada Samsung galaxy A20s. Samsung galaxy A20s dibanderol dengan harga berkisar 2,3-2,6 juta rupiah. Sedangkan Samsung galaxy A10s hanya dibanderol dengan harga 1,9 juta-an.

Selain kualitas kamera, SoC, dan fitur-fitur yang telah saya kagumi dan bisa dibilang sudah dalam kategori “baik”, Daya baterai yang digunakan oleh smartphone ini juga besar. Samsung galaxy A10s ini menggunakan baterai tanam berkapasitas 4.000 mAH. Tentunya dengan daya sebesar itu anda tidak perlu takut kehabisan daya saat sedang asyik bermain game, menonton video, atau yang lainnya. Hanya saja smartphone ini belum dilengkapi dengan fitur fast charging dan masih menggunakan port microUSB 2.0. Sehingga anda perlu waktu yang agak lama untuk memenuhi daya baterai yang begitu besar.

Tak hanya masalah fitur fast charging dan port USB, Smartphone ini juga memiliki kekurangan lain yaitu kapasitas RAM yang hanya sebesar 2GB dengan memori internal 32 GB. Sehingga besar kemungkinan anda tidak dapat menggunakan smartphone ini untuk aplikasi yang membutuhkan kapasitas memori besar secara bersamaan..

Namun terlepas dari kekurangan Samsung galaxy A10s yang saya sebutkan di atas, smartphone ini menurut admin sudah termasuk dalam kategori “canggih” di kelas harganya. Bagaimana tidak, Dengan komponen yang berkualitas apik dan harga under 2 juta, kita mendapat “jaminan sosial” karena smartphone ini adalah produksi dari Samsung. Di era ini siapa yang tak kenal Samsung? Brand smartphone ini sudah sangat mendunia. Tak peduli usia, muda dan tua mengenal brand terkemuka ini. Jadi bagaimana? Tertarik mencoba Smartphone ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *